Selasa, 29 November 2011

Fasilitas Fasilitas Layanan Informasi Di Internet

1.WORLD WIDE WEB (WWW)
Sering disingkat sebagai WWW atau web saja, yakni sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar,suara, dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertext dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebutbrowser. Informasi di web pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentukgrafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). WWW dijalankan dalam server yang disebut HTTPD.

WWW Adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh. Dokumen Web disebut Web Page dan link dalam Web menyebabkan user bisa pindah dari satu page ke page lain (hyper text), baik antar page yang disimpan dalam server yang sama maupun server diseluruh dunia. Pages diakses dandibaca melalui Web Browser seperti Netscape Navigator atau Internet Explorer.
Web menjadi pusat kegiatan internet karena Web Pages yang berisi text dan grafik mudah diakses melalui Web Browser, Web menyediakan interface bagi jaringan informasi online terbesar di dunia, dan jumlah informasi ini terus bertambah dengan pesat.
Web juga menjadi sistem pengiriman multimedia, karena fitur browser dan browser plug-in extension yang terus bermunculan menyediakan peluang untuk suara, gambar, telepon, animasi 3D dan videoconferencing melalui Net.
Browser terbaru juga mengerti bahasa Java yang memungkinkan down load semua aplikasi untuk di-run secara lokal. Dasar format Web adalah dokumen text yang digabung dengan HTML yang bisa mengatur format page sertaHypertext Link (URL) ke page lain. Kode HTML yang umum adalah karakter alfanumerik yang dapat diketik dengantext editor atau world processor. Banyak program terbitan Web yang menyertakan interfage grafis untuk kreasi Web Page dan membuat kode dengan otomatis.
Banyak word processor dan program-program yang mengalihkan dokumen ke format HTML. Oleh karena itu Web Pages dapat dibuat oleh user tanpa harus mempelajari sistem pengkodean. Kemudahan kreasi membantu cepatnya pertumbuhan Web.
World Wide Web dirancang oleh tim Berners-Lee dan staf ahli di laboratorium CERN di Jenewa Swiss tahun 1991.
2.BROWSING/SURFING
Browsing di internet mungkin sudah menjadi makanan pokok untuk era modern seperi sekarang ini, dari pelajar mahasiswa maupun para pekerja ataupun karyawan, pasti pernah browsing melalui media internet. kali ini saya akan mencoba menguraikan pengertian browsing dan manfaatnya.
Pengertian browsing menurut beberapa sumber adalah
- Browsing adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar.
Browsing dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll.
Browsing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing.
Kata lain dari browsing adalah surfing Jadi, browsing berbeda dengan download, chat, kirim email maupun ngeblog (istilah untuk ngeblog= blogging). Di atas adalah pengertian browsing sdangkan manfaatnya adalah:
Browsing bermanfaat untuk Menambah pengetahuan dan memperluas wawasan
Browsing untuk Belajar online
Browsing untuk mencari file yang akan kita download

3.ELECTRONIC MAIL (E-MAIL)
Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satuprocess pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
  1. Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
  2. Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
  3. Mengetahui E-mail yang di tuju.
Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com.
4.MAILING LIST
Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.
Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

http://ayumuth.blogspot.com/2009/02/definisi-mailing-list.html
5.INTERNET RELAY CHAT 9CHATTING)
Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar