Selasa, 29 November 2011

Menjelajahi Internet

1 Pengantar
Pernah mendengan istilah browsing atau nge-browsing? Seperti telah di sampaikan pada materi sebelumnya bahwa internet dapat diibaratkan sebagai sebuah perkampungan maya. Anda dapat memasuki dan berkeliling atau menjelajahi perkampungan tersebut untuk mengetahui segala apa yang ada. Kegiatan menjelajahi kampung internet sering disebut dengan istilah browsing. Anda dapat menjelajahi berbagai macam informasi yang ada dengan browsing . Informasi di internet biasanya diletakkan pada berbagai halaman web yang menggunakan teknologi HTML yang berupa kode-kode yang dapat dibaca oleh komputer yang dilengkapi program browser. Dengan demikian browser berfungsi untuk menterjemahkan kode-kode HTML ke dalam sebuah halaman web. Banyak browser yang dapat digunakan untuk membaca HTML namun yang paling umum digunakan adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer. Internet Explorer adalah browser yang disertakan dengan sistem operasi windows, maka ketika menginstalasi windows internet explorer terinstalkan. Bagaimana jika Anda ingin menggunakan Netscape Navigator? Tentu harus meng-install nya sendiri secara terpisah

2 Pengenalan Browser
Untuk dapat menjelajahi internet, Anda harus menjalankan program browser. Browsing adalah kegiatan menjelajahi website-website yang ada di internet. Website mana saja yang Anda kunjungi? Itu akan tergantung apada kubutuhan informasi yang diharapkan. Bagaimana menjalankan program browser? Seperti halnya dengan program-program aplikasi berbasis windows lainnya. Anda dapat menjalankan internet explorer melalui dua cara, yaitu:
1. Cari ikon internet explorer melalui menu start atau
2. Cari ikon internet explorer di desktop.

Langkah-langkah untuk menjalankan internet explorer dari menu start adalah sebagai berikut.
1. Klik menu start
2. Pilihlah program
3. Pehatikan daftar program yang ditampilkan di layar
4. Cari ikon internet explorer, kemudian di klik.

3 Komponen-Komponen Browser
Silakan Anda amati lagi tampilan windows! Browser internet explorer tidak jauh berbeda dengan tampilan aplikasi berbasis windows. Silakan tulis apa saja tampilan jendela internet explorer tersebut. Jendela internet explorer terdiri atas title bar, menu bar, toolbar, status bar dan sebagainya. Jendela internet explorer juga dilengkapi dengan scroll bar yang akan ditampilkan secara otomatis pada saat Anda membuka halaman web yang ditampilkan di jendela internet explorer. Internet explorer dilengkapi dengan bar alamat (address bar) yang berfungsi sebagai tempat Anda mengetik alamat website yang Anda ingin kunjungi. Silakan anda perhatikan lagi masing-masing komponen internet explorer.
a. Title Bar
Title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela internet explorer. Pada bagian paling kiri, bar judul berisi judul halaman website yang sedang ditampilkan di jendela internet explorer. Pada bagian sebelah kanan berisi kontrol untuk jendela internet explorer yang terdiri dari tombol minimize, restore, dan close.
b. Menu Bar
Istilah menu sudah tidak asing lagi yaitu daftar berbagai fungsi atau fasilitas yang disediakan. Di dalam jendela intenet explorer, daftar menu ditempatkan pada menu bar. Masing-masing menu memiliki fungsi yang berbeda seperti File, Edit, View, Favoriets, Tools, dan Help. Bagaimana mengatifkan fungsi-fungsi tersebut? Dengan sederhana kalian tunjuk ikon menu tersebut kemudian klik kanan dua kali.
c. Address Bar
Perhatikan gambar dan temukan Address bar! Address Bar atau baris alamat adalah kotak teks yang dapat Anda gunakan untuk menuliskan alamat website yang ingin Anda kunjungi di jendela internet explorer. Address bar dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujung kanannya berupa panah arah ke bawah yang apabila di-klik akan menampilkan beberapa alamat website yang pernah Anda kunjungi.
d. Status Bar
Status bar terdapat pada bagian bawah jendela internet explorer yang menampilkan proses yang sedang terjadi pada saat browser memasuki sebuah halaman web.
e. Task Pane
Task pane adalah jendela kecil yang muncul dibagian kiri jendela browser apabila Anda meng-klik tombol Search, Favorites dan History. Bentuk tampilan task pane tersebut tergantung dari tombol yang Anda klik.

Sumber : http://prihadipati.blogspot.com/2011/04/menjelajah-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar