Rabu, 14 Desember 2011

Mengenal Tampilan Microsoft Excel 2

  1. Menu Bar
Menu bar di tampilkan baris kedua jendela Microsoft Excel. Setiap perintah menu tersebut sering diistilahkan dengan Menu Pad yang akan menampilkan submenu apabila kita mengklik menu tersebut. Cara yang paling mudah menggunakannya adalah dengan mengklik menu tersebut.

Menu Bar terdiri atas : 


  • Menu File
Menu File digunakan untuk pengerjaan yang berhubunan dengan worksheet atau workbook seperti membuka workbook, menutup dan menyimpan, mencetak lembar kerja, membuat workbook baru, mengatur halaman pencetakan, dan lain sebagainya.

  • Menu Edit
Secara umum menu Edit digunakan untuk mengubah bentuk tampilan input pada sel atau worksheet yang sudah ada. Fungsi menu edit adalah memperbaiki isi sel, menghapus isi sel, menambahkan isi sel, mengubah format sel, mengkopi isi sel, dan lain sebagainya.

  • Menu View
Menu View di gunakan untuk melihat dan mengelola berbagai toolbar dan mpilan lainnya dalam Microsoft Excel. Menu View hanya mengatur apkah suatu menu pada toolbar akan di tampilkan atau tidak di tampilkan.

  • Menu Insert
Menu Insert digunakan untuk membantu proses pengolahan data dengan berbagai proses penyisipan (Insert), seperti penyipan kolom, baris, objek, menambahakan sesuatu ke data yang sudah ada, dan juga melakukan suatu proses pengolahan data dengan menggunakan macam-macam fungsi alat Bantu yang tersedia.

  • Menu Format
Pada prinsipnya menu Format berfungsi untuk melakukan pengubahan bentuk tampilan sel, range sel, grafik, atau objek. Setelah suatu input di masukan, atau suatu informasi hasil pengolahan Microsoft Excel di dapatkan, data atau informasi tersebut dapat di format untuk memperindah tampilan, membedakan suatu data atau informasi tertentu dari yang lain, memberi penjelasan khusus, dan lain sebagainya. Format ini dapat berupa memberi garis bawah, menebalkan huruf, mengatur ukuran huruf, memberi border, memberi warna, dan lain sebagainya.

  • Menu Tools
Menu Tools berfungsi menyediakan alat-alat Bantu (tool) untuk mengolah data Microsoft Excel lebih lanjut, yang tidak di masukan dalam menu yang lain. Menu Tools tersebut submenu yang kadang-kadang tidak berkaitan antara satu dengan yang lain.

  • Menu Data
Menu Data digunakan untuk mengelola sekelompok data atau database yang ada pada sebuah worksheet. Dapat di katakana bahwa menu Data pada Microsoft Excel adalah semacam alat Bantu yang khusus digunakan untuk menenangani database. Menu Data di lengkapi dengan fasilitas untuk mengelola database yang di inputkan ke dalam worksheet seperti mengurutkandata, menyaring data, validasi data, dan lain sebagainya.

  • Menu Window
Menu Window pada Microsoft Excel berfungsi untuk mengatur tampilan bebagai workbook yang di tampilkan, apkah akan di tmpilakan secara bersamaan atau bergantan dalam sebuah layer monitor.

  • Meu Help
Menu Help di sediakan oleh Microsoft Excel sebagai alternative bagi para pemakai yang ingin memperoleh bantuan secara singkat dan jelas tentang sesuatu hal yang kurang di mengerti pada saat menggunakan Microsoft Excel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar